Tuesday, May 09, 2006

sajak-sajak 16

MONSUN

Monsun
hujankan aku
dari awan-awan timur laut
aku mau lihat rumput basah
dan lopak-lopak
dan bah
tenggelamkan daratan
lalu ingatan dilarikan air
ke lembah.

Monsun
melankolikan malam
rintik-rintik yang menghempas zink
angin menerbangkan hawa dingin
aku tak melihat dalam gelap.


KUNANG-KUNANG

Kunang-kunang mulai pudar
dan gelap hilang
malam mati bila bulan mengambang
lama sebelum kamu mulai sedar
dari mimpi aneh
ah, siapa yang bersuara seperti serigala
melolong tentang derita?

Malam menjadi panjang
seperti waktu telah beku
dan Dia yang menentukan
antara gelap dan cahaya
lalu mohon ampun dan berdoa
dan sunyi membuat air mata jatuh
menjadikan kerdil
seperti kunang-kunang tanpa kandil
jatuh di celah-celah rumput
yang basah oleh embun dingin
lihat langit malam yang terang
kamu mencari sesuatu
yang pernah hilang
dari kalbu.


SETELAH KAMU PERGI

Aku seperti awan yang terhenti di pergunungan
setelah angin lelah tak tertiupkan
dingin merasuk tak tertahankan
mungkin segala pedih akan hilang bila aku lenyap
(aku menunggu tapi suaramu tak pernah muncul di telefon)

Aku seperti penjara kosong yang sunyi
setelah banduannya dibawa pergi untuk mati

1 Comments:

At 11:46 AM, Anonymous Anonymous said...

Dalam introduction novel Crime and Punishment* oleh Dostoevsky, Richard Peace tulis ;

Crime & Punishment was written in circumstances of acute psychological pressure. Dostoevsky had no long returned from Siberia, and was intent on establishing a literally career disrupted by ten years of penal servitude and exile. His wife had died and shortly afterwards his brother, to whom he was very close, had also died. He felt morally obliged to support his feckless stepson as well as the family of his brother. Yet he was desperately short of money... bla..bla


ha ha, aku rasa mungkin sebab hidup aku sekarang tak berapa mencabar. Ah, Sylvia plath juga menulis puisi dalam keadaan yang tertekan sebelum akhirnya bunuh diri. Mungkin aku kena merosakkan hidup aku a little bit. Mybe i should looking for a love again, ha ha.

Notakaki:
*Crime & punishment adalah diantara beberapa buku yang aku kagumi.

 

Post a Comment

<< Home