Thursday, November 17, 2005

chapter 2.1 : peperangan pertama

Arfan Tung Bikhsah duduk tegap mendada di atas kuda hitamnya. Dadanya berdebar kuat seirama dengan hentaman kaki ribuan askar pejalan kaki dan kuda-kuda tunggangan ratusan prajurit berkuda yang menginjak bumi. Dia bukan takut, dia cuma tidal sabar mendengar sangkakala perang berbunyi lalu bolehlah dia memacu kudanya merempuh ke depan, menghayun-hayunkan pedangnya memenggal kepala musuh. Tangan kanannya memegang hulu pedang kukuh-kukuh dan tangan kirinya ada tali pemacu kuda dari kulit singa.

Baju besi lengkap di dada, bahu, lengan, paha dan kakinya. Dia anak muda bangsawan dari Sintrani yang punya tubuh tegap dan wajah tampan, kebanggaan keluarga dan pujaan gadis-gadis jelita. Dia penunggang kuda yang cetakan, penunggang kuda barisan depan tentera. Dia hulubalang Sintrani.

Nun di depan sana yang bersuara lantang dan keras, sedang memekik-mekik, mengapi-ngapi dan bertempik membakar semangat tentera, yang sedang memegang panji-panji kerajaan Sintrani di atas kuda serba putihnya di barisan paling depan adalah bapa saudaranya, Mardek Tung Surrar, pahlawan Sintrani yang paling ditakuti.

Setiap kali bapa saudaranya itu menghabiskan satu perenggan kata-kata semangatnya, melaunglah sampai bergema ke langit seluruh ribuan askar Sintrani termasuk Anjang Tung Bikhshah sambil menjulang-julang senjata. Anjang Tung Bikhshah berada di barisan depan tentera berkuda dan dihadapannya adalah barisan belakang tentera pejalan kaki. Ketika semua orang menjulang senjata dan bertempik menyahut seruan Mardek Tung Surrar, kelihatan seorang pemuda akhir belasan sedang berdiri menyorok takut-takut di barisan belakang tentera pejalan kaki.

Anjang Tung Bikhshah melihat pemuda itu, kakinya sedang menggigil ketakutan. Tiba-tiba dia memandang Anjang Tung Bikhshah, mata mereka bertemu. Mata pemuda kurus itu sedang berkaca seperti meminta kasihan. Dari mata Anjang Tung Bikhshah pemuda tanpa baju besi dan berpedang lusuh itu tentu anak desa yang dipaksa perang.

Anak desa yang tidak pernah menikamkan pedang ke dada musuh. Anak desa yang kasihan yang hanya tahu menggembala lembu dan bertanam padi. Anak desa yang penakut melihat darah yang memancut dari leher musuh yang dipancung. Orang-orang begini, askar pejalan kaki begini memang patut mati supaya prajurit sepertinya dapat dijulang. Anjang Tung Bikhshah memandang benci dan mencebik dan sedikit gelihati melihat seluar pemuda itu basah di kangkangnya. “Orang hina,” dia menyumpah dalam hati.

Tiba-tiba, zupp!!.. Anjang Tung Bikhshah merasa tengkuknya kesakitan amat perit. Dia mau menjerit tapi tekaknya terasa mau pecah. Darah sedang memancut membasahkan dada dan kudanya. Dari mulutnya keluar bunyi keruhan yang hodoh bila dia mau bersuara. Dia meraba tengkuknya, sebilah anak panah dari batang nyatoh menghentam tengkuknya, kerongkong dan memecahkan urat yang berselirat. Pandangannya mulai kabur. dia tidak dapat dengar dengan jelas orang-orang di sekelilingnya yang mulai kecoh dan melaung.

Anjang Tung Bikhshah mula terhoyong-hayang, dia mau pitam, dalam samar-samar dia ternampak pemuda yang dicebiknya tadi sedang senyum sumbing. matanya semakin kabur, senyuman sumbing pemuda itu menjadi gelak tawa yang memedihkan, lebih sakit dari tusukan panah di tengkuknya. Dia mau terjatuh dari kuda dan sewaktu pedangnya terlepas dari tangan, sayup-sayup dia terdengar sangkakala perang berbunyi. sayup-sayup dia terdengar bunyi yang sangat dinantinya itu sebelum segalanya lenyap, senyap-sunyi. sunyi dan diam.

Bersambung...

3 Comments:

At 10:33 AM, Anonymous Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! pioneer in car entertainment gps Cheapest wireless radar detectors ebay Night in paris hilton Celebrex and condition

 
At 11:06 AM, Anonymous Anonymous said...

Best regards from NY! » »

 
At 3:49 PM, Anonymous Anonymous said...

Excellent, love it! »

 

Post a Comment

<< Home